Pelabuhan Tanjung Moco Mulai Beroperasi

Uji coba sandar Kapal Permata 18 pertanda Pelabuhan Tanjung Moco, Tanjungpinang mulai beroperasi, Kamis (23/1/2020)

BP PINANG – Pelabuhan bongkar muat barang Tanjung Moco, Tanjungpinang mulai dioperasikan hari ini, Kamis (23/1/2020) ditandai uji coba sandar Kapal Permata 18.

Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas dan Angkutan Laut, (Lala) Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Syamsul Nizar mengatakan sesuai surat keputusan (SK) pusat yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2019 lalu yang memerintahkan KSOP Tanjungpinang untuk mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Moco.

“Itu sebagai amanah untuk kami, dan harus dilaksanakan. Saat ini pelabuhan sudah dipersiapkan kami coba panggil kapal untuk uji bersandar,” kata Samsul di Pelabuhan Tanjung Moco, Kamis (23/1/2020).

Samsul mengatakan, untuk kapal barang silahkan bersandar di Pelabuhan Moco, dan untuk kedepanya kapal barang juga akan rutin berlabuh di pelabuhan baru tersebut untuk aktivitas bongkar muat barang.

“Tapi tidak tertutup kemungkinan juga untuk penumpang Pelni,” ujarnya.

Ia mengatakan walaupun fasilitas di pelabuhan tersebut belum lengkap namun, jika ada kapal penumpang Pelni yang meminta bersandar juga tidak tertutup kemungkinan unKuk ke depannya.

Samsul menjelaskan, tidak ada syarat khusus untuk kapal yang akan bersandar di pelabuhan itu, yang pasti adalah kapal barang dengan panjang 70 meter sebab panjang landasan tempat kapal bersandar 70 meter.

“Dengan uji sandar hari ini berarti Pelabuhan Tanjung Moco mulai beroperasi,” tegasnya.

Karena pelabuhan Tanjung Moco tersebut pertama kali dikelola KSOP Tanjungpianang, Syamsul berharap masyarakat Tanjungpinang bisa mendukung dan ke depannya tidak tertutup kemungkinan akan ada investor yang datang untuk membuka usaha baru sehingga menyerap tenaga kerja.

“Mobilitas barang keluar masuk Tanjungpinang juga lebih lancar,” tuturnya.Ia tidak menutup kesempatan bagi masyarakat yang datang untuk aktivitas bongkar muat barang di lokasi tersebut.“Tidak tertutup, bebas untuk siapa saja walaupun datang dari Kijang sana,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *